12 Sumur  Warga  Di Desa Jungkare Ambles

12 Sumur Warga Di Desa Jungkare Ambles

KALIKTANNEWS.COM // KLATEN – Warga  Desa Jungkare  Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten Jawa Tengah Di Gegerkan Adanya Fenomena Alam  Yang Berupa Sumur Galian Ambles , Sebanyak 12 Sumur Warga Ambles Secara Bertahab Sejak Sepekan Terakhir .

Belum Diketahui  Secara Pasti Pasti Penyebab Amblesnya Sejumlah Sumur Warga Tersebut ,   Dari Duga  Sementara  Akibat Curah Hujan Yang Tinggi Sejak Beberapa Pekan Terakhir .   Sebagaian Warga Sempat Mengungsi Ke Rumah Kebarat .

Fenomena Alam Amblesnya Sejumlah Sumur Terjadi Di Desa Jungkare Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten  Jawa Tengah   Tercatat Ada Belasan Sumur Warga Di Dua Rt  Yaitu Rt 10 Dan 11  Desa Jungkare Kecamatan Karanganom Ambles Sejak Beberapa Pekan Terakhir .

Tercatat Ada 7 Sumur Yang Sudah Amles Dan  Kini Sudah Di Tutup Warga Dengan  Tanah Untuk Keamanan ,  Sedangkan 5 Sumur Lainnya Mengalami Retak-Retak . Umumnya Sumur Yang Ambles  Merupakan Sumur Gali Dan Mencapai Ambles Hingga 4 Sampai 7 Meter .

Wargapun Sempat Kesulitan Mendapatkan Air Bersih ,  Mereka Yang Sumurnya Ambles Sempat Mengungsi Ke Rumah Kerabat Dan  Sebagian Harus Mencari Air Ke Rumah Tetangga .  Belum Diketahui Pasti Penyebab Amblesnya Sumur Warga Di Klaten Ini .  Namun Ada Dugaan Akibat Curah Hujan Yang Tinggi Hingga Pelapukan Tanah Yang Tebal Dan  Bersifat Porous Sehingga Menyerap Air Dengan Cepat .

Saat Ini Pihak Badan Penangulangan Bencana Daerah Bpdb Kabupaten Klaten Tengah Melakukan Kordinasi Dengan Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi Sertaesdm Untuk Turun  Tangan .

Fitri Lestari Warga  Yang Sumurnya Ambles Mangatakan  ” Sumur Mulai Ambles Sekitar Pukul 13 .00 Wib Trus Di Susul Tempat Kamar Mandi Juga Ikut Ambles Ked Bawah , Sebelum Terjadi Amblesnya Sumur Hujan Lebat Selama Dua Hari Jadi Kapasitas Air Semakin Meningkat .

”Ya Malamnya Kaya Terdengar Suara Gemuruh Gitu Tau Tau Siangnya Sumur Sumur Kok Jadi Ambles Secara Bertahab  ” , Lanjut Fitri .

Sementara Itu Kepala Desa Jungkare  Muchsin Mengatakan  ” Sementara Ini Ada 7 Sumur Yang Sudah Runtuh , Masih Ada 5 Yang Kalau Malam Itu Bersuara Makjlung Makjlung Kaya Mau Runtuh  Gitu .

Kamio Juga Sudah  Berkordinasi Dengan Bpbd Kabupaten Klaten Dan Esdm Dan Dinas Terkait Untuk Menindak Lanjuti Fenomena Alam Tewrsebut , Lanjut Muchsin .

 855 kali dilihat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *